Jenis-Jenis Kyai



Saat ini banyak sekali fenomena kiprah dan peristiwa yang dialami para Kyai. Tidak dipungkiri beberapa ada yang bersifat Negatif bahkan malah memecah persatuan ummat. Berikut dibawah ini beberapa Kyai ( Ulama' atau Ustad ) yang terdiri dari beberapa jenis kategori : 

1. Kyai TANDUR yaitu Ulama, Kyai atau Ustad yang berjuang memiliki pondok pesantren, yayasan, lembaga, pendidian, organisasi, majelis ta'lim termasuk juga majelis dzikir dan ilmu.

2. Kyai SEMBUR yaitu Ulama, Kyai atau Ustad yang tidak punya pondok pesantren maupun majelis ta'lim, kyai sembur sendiri biasanya seorang tokoh panutan masyarakat yang dihormati karena alim dan memiliki suri tauladan yang baik, banyak dijadikan rujukan masyarakat utuk datang kepadanya.


3. Kyai WUWUR yaitu Ulama, Kyai atau Ustad yang tidak mengerti politik tapi terjun ke dunia politik, biasanya Kyai seperti ini akan menjadi alat politik dan kekuasaan dan akan menjadi korban politik.


4. Kyai CATUR yaitu Ulama, Kyai atau Ustad yang tahu politik.

5. Kyai NUTUR yatu Ulama, Kyai atau Ustad yang komersial dan materialistis, doyan makan bantuan atau sumbangan dan kemana mana suka bawa proposal.

6. Kyai SUMUR yaitu kyai yang kemana-mana basah karena harus selalu mandi sebab di mana-mana punya isteri.

7. Kyai TAWUR yaitu kyai yang ngamukan dan suka nantang-nantang. Suka berantem gelut dan tawuran.

8. Kyai NGAWUR yaitu kyai yang kalo suka ngomong ngawur hanya bisa ngambil dalil dari google sosmed atau kalender.

"Yang harus dijaga oleh NU adalah Kyai TANDUR, Kyai SEMBUR dan Kyai Sumur Karena kedua Kyai tersebut yang akan memelihara NU "

( Sumber : Dari Group LDNU PUSAT )

0 Response to "Jenis-Jenis Kyai"

Post a Comment