Benarkah Shalawat Nariyah Syirik?




Shalawat Nariyah merupakan salah satu shalawat yang banyak di amalkan oleh umat Islam. Didalam shalawat tersebut dirangkai dengan tawassul dengan Nabi Muhammad Saw, yakni amaliyah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad dan diamalkan pula oleh ulama salafush shaleh. 

Tetapi ada segelintir umat Islam yang menuduh bahwa shalawat Nariyah mengandung kesyirikan. Mengapa mereka menuduh demikian? apa sebabnya?. Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Buya Yahya ketika ditanya mengenai shalawat Nariyah yang dituduh mengandung kesyirikan, beliau memberikan jawaban dan menegaskan sebagai berikut :

Apakah didalam shalawat Nariyah ada unsur sifat-sifat musyrik atau unsur kesyirikan? Tidak ada. Didalam shalawat Nariyah tidak ada unsur kesyirikan. Kalau ada yang mengatakan ada unsur kesyirikan, kami menyatakan dengan jelas bahwa dia tidak mengerti bahasa Arab. Selesai!.

Tidak ada unsur kesyirikan dalam shalawat Nariyah. Tanhallu bihil Uqadu, wa Tanfariju bihil Qurabu wa Tuqdlo bihil Hawaiju...", wa Tuqdlo (artinya) akan dikabulkan, Bihi (artinya) dengan Nabi Muhammad al-Hawaiju (artinya) hajat-hajat", mana syiriknya ??

Bukan Nabi Muhammad yang mengabulkan hajat, bukan Nabi Muhammad yang menyelesaikan permasalahan, tapi kita mohon kepada ALLAH semoga dengan Nabi Muhamamd. Nabi Muhammad sendiri yang mengajarkan, yang mengajarkan bahwasanya kita memohon kepada Allah dengan membawa nama Nabi Muhammad, kebesaran Nabi Muhammad akan diselesaikan, dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam al-Turmidzi, Imam Al-Baihaqi, Imam Ibnu Hibban, hadits Sayyidina Utsman bin Khunaif, waktu itu Nabi Muhammad mengajari orang untuk berdoa "Allahumma Inni Atawajjahu Ilaika bi-Nabiyyika Nabiyyir Rahmah (artinya) Ya Allah aku menghadap kepada-Mu dengan membawa Nabi Muhammad Saw".

Jadi kalau ada yang mengatakan shalawat Nariyah ada unsur syiriknya, dengan jelas bahwa dia tidak pernah belajar BAHASA ARAB, barangkali ya, kecuali bahasa Arabnya bahasa arab ngaco'. Karena itu jelas tidak ada kesyirikannya. 

Sumber MMN: http://www.muslimedianews.com/2015/06/mengapa-mereka-menuduh-shalawat-nariyah.html

0 Response to "Benarkah Shalawat Nariyah Syirik?"

Post a Comment